Mengenal Ragam Bahayanya Dari Paparan Silika Gel


Pernahkah Anda menemukan paket biji-bijian kecil ketika Anda membeli barang baru? Paket kecil ini disebut silika gel. Seringkali Anda membuangnya begitu saja karena dianggap tidak berguna. Namun siapa sangka benda ini memiliki kelebihan tertentu. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fungsi silika gel dan risiko kesehatan yang terkait dengan paparan, lihat ulasan berikut.

Penggunaan gel silika

Silica gel terbuat dari silikon dioksida, zat yang terjadi secara alami di pasir. Silica gel juga memiliki partikel kecil dan dapat menyerap air dalam jumlah besar.

Risiko Kesehatan dari Paparan Silica Gel

Pada prinsipnya, silika gel tidak beracun, tetapi ada risiko tersedak jika tertelan, terutama pada anak kecil. Makanya ada tulisan “jangan makan” di kemasannya.

Meskipun tidak beracun, gel pengering ini tidak boleh tertelan. Pasalnya, mengonsumsi silika gel dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sembelit atau dikenal dengan istilah obstruksi usus.

Sebuah studi di CPC Emergency Medicine juga melaporkan risiko pada kerongkongan, yang terjadi pada orang tua yang secara tidak sengaja memakan gel pengering ini.

Karena itu, jauhkan silika gel dari jangkauan anak-anak. Bentuk dan warna yang menarik tidak menutup kemungkinan mereka akan melihatnya sebagai mainan atau permen.

Meski sebenarnya tidak beracun, sekali lagi Anda harus berhati-hati. Pasalnya, ada beberapa produsen yang bahkan melapisi silika gel dengan kobalt klorida beracun.

Pertolongan pertama untuk silika gel atau kontak mata yang tertelan

Tapi bagaimana jika silika gel tidak sengaja tertelan? Yang utama jangan panik. Segera minum air putih yang banyak agar silika gel masuk ke saluran pencernaan. Kemudian perhatikan gejalanya dan segera cari pertolongan medis.

Bahaya paling umum dari gel silika yang tertelan adalah mati lemas. Jika ini terjadi, hindari memasukkan jari ke dalam mulut karena dapat membuat silika gel masuk lebih jauh ke dalam saluran udara. Hindari juga memberikan minuman jika Anda tersedak.

Untuk mengatasi tersedak, Anda bisa menggunakan teknik manuver Heimlich sebagai pertolongan pertama saat tersedak. Tetapi ingat bahwa manuver Heimlich untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 1 tahun berbeda dengan manuver Heimlich yang dilakukan pada bayi.

Jika silika gel masuk ke mata, bilas air mata dengan air hangat sambil sesekali berkedip. Lakukan irigasi mata setidaknya selama 15 menit. Meski berukuran kecil dan sering diabaikan, fungsi silika gel sangat penting untuk menjaga kualitas produk yang baru saja Anda beli. Silica gel adalah pengering yang mencegah produk rusak oleh kelembaban.